Dasar-Dasar Poker : Bermain Pocket Pair

Pocket Pair (kartu pair di dalam tangan) di dalam Texas Hold’em poker bisa dibilang merupakan kartu yang “wajib dimainkan”. Pocket pair adalah kartu yang memiliki angka yang sama (namun berbeda lambang) di dalam tangan kalian.

Dasar-Dasar Poker : Bermain Pocket Pair

Meskipun pair penting dalam tipe2 permainan poker, pair paling signifikan dalam permainan Texas Hold’em karena pair ini melibatkan dua kartu hole. Artinya keputusan2 kalian akan berdasarkan kekuatan dari kartu pair kalian. Baik itu pre-flop (sebelum 3 kartu pertama di buka) dan post-flop (sesudah 3 kartu pertama di buka.)

Mendefinisikan Pocket Pairs

Kemungkinan kita mendapatkan pocket pair di dalam Texas hold’em adalah 1/221 atau 0,45%. Jadi saat kalian mendapatkan kartu pair kalian harus tahu bagaimana cara untuk memainkannya. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menentukan kekuatan pair yang kalian miliki.

  • Pair Kecil | Pair kecil adalah kartu bernilai 2 – 8. Karena kartu2 ini performanya kurang bagus di post-flop.
  • Pair Sedang | Pair sedang merupakan 9 dan 10. Kartu ini cukup bagus di post-flop, walaupun melawan kartu2 besar.
  • Pair Besar | Pair dari Jacks (J), Queens (Q), King (K) dan Aces (A) bisa dibilang merupakan pair besar dan dimainkan se-agresif mungkin.

Dasar-Dasar Poker : Bermain Pocket Pair

Hal yang Perlu Kalian Perhatikan Sebelum Bermain Pair

Sebelum kalian menaikan taruhan, pertama kalian harus memahami beberapa dinamika di bawah ini :

  • Stack Size | stack size adalah modal kalian di meja, semakin sedikit modal yang kalian punya. Lebih baik fold atau langsung All-in di pre-flop.
  • Posisi Kalian | Semakin awal kalian melakukan bet (sesuai posisi kalian), semakin kalian harus memperhatikan pair kalian. Karena sangat mungkin player lain melakukan raise setelah giliran kalian, intinya, semakin awal giliran kalian, kartu pair kalian juga harus kuat juga.
  • Player Lain | Jika player lain lebih agresif atau mempunyai stack lebih kecil dari kalian maka kalian harus lebih konserfatif. Jika lawan kalian sering melakukan fold di post-flop. Maka kalian juga harus lebih konserfatif, karena kalian tidak akan mengetahui nilai set saat kalian membuka kartu.

Bermain Pair Kecil dan Sedang untuk Value

Cara terbaik untuk memainkan pair kecil dan sedang (kecuali saat anda memiliki modal yang kecil) adalah mencari value (contoh : kalian ingin mendapatkan paket di post-flop). Kalian akan sering menemukan kartu yang lebih besar di post-flop; saat ini terjadi maka keuntungan kalian dalam pre-flop sudah hilang.

Oleh karena itu, saat kalian memainkan pair kecil dan sedang. kalian harus selalu bertanya pada diri kalian sendiri: “Mungkin gk kartu gw jadi paket dan, yang paling penting , bisa gk gw dapet uang dari player lain saat gw dapat kartu paket?”

di dalam Flop (3 kartu awal di meja) kemungkinan kita mendapatkan paket atau quads adalah sekitar 11,6%. Berdasarkan ini, saya bisa bilang bahwa kemungkinan modal player lain melawan jumlah yang harus kalian call adalah 12:1+ (modal mereka harus 12x atau lebih dari jumlah yang di pertaruhkan).

Intinya, jika Anda tidak dalam posisi untuk mengatur dengan pair kecil dan sedang. Anda harus bergerak all-in dengan pre-flop Anda (jika Anda memiliki modal kecil atau berada di sebuah turnamen) atau fold.

Bagaimana Bermain dengan Pair Besar

Jika kalian memiliki pair besar maka kalian memilih lebih banyak pilihan karena anda sudah memiliki presentase yang baik di post-flop dan pre-flop. Sebagai contoh, jika kalian mendapatkan pair J. maka ada kemungkinan besar bahwa pair kalian akan lebih tinggi dari community cards (kartu di meja).

Jika situasi ini yang terjadi kalian bisa lebih percaya diri bahwa kartu kalian merupakan yang terbaik di flop, turn (kartu ke-4) dan river (kartu ke-5). Tentu saja, kalian harus mengingat poin2 di atas yang sudah saya berikan sebelumnnya. Namun kalian harus bermain se-agresif mungkin dengan kartu tinggi.

Dasar-Dasar Poker : Bermain Pocket Pair

Pocket pair merupakan kartu yang bagus dengan syarat2 tertentu. Setiap kalian mendapatkan pair lihatlah terlebih dahulu pair yang kalian miliki termasuk yang mana (kecil, sedang, besar). Lalu kalian bisa melihat dinamika diatas dan memutuskan apakan kalian ingin mendapatkan paket atau mencoba bermain agresif.