Dasar-Dasar Poker : Starting Hands

Untuk menjadi lebih baik dalam permainan poker kita harus belajar bagiamana cara bermain poker se-logika mungkin. Salah satu cara terbaik adalah untuk mengangap setiap putaran yang kita mainkan merupakan sebuah perjalanan. Intinya, setiap langkah yang kalian ambil merupakan langkah baru. Jika kalian menganggap poker seperti ini, lebih mudah untuk membuat keputusan yang tepat di setiap situasi. Termasuk Starting Hands.

Dasar-Dasar Poker : Starting Hands

Jika kalian ingin mulai bermain poker dengan benar, disini akan saya berikan panduan untuk starting hands (2 kartu di tangan) yang paling populer di, Texas Hold’em.

Penjelasan Mengenai Starting Hand

Secara ringkas, starting hand dalam Texas Hold’em poker adalah 2 kartu yang dipegang player dari 1 pax kartu yang berisi 52 kartu. Berkat hal ini, ada 169 kemungkinan kartu yang akan anda dapatkan, dan akan ada 1,326 kemungkinan kombinasi yang bisa anda dapatkan dalam meja.

Dasar-Dasar Poker : Starting Hands

Karena ada banyak kemungkinan yang akan keluar di setiap rondenya, kalian perlu memperhatikan kapan kalian akan fold, call atau raise (atau re-raise) dengan starting hand anda berdasarkan hal2 di bawah ini:

  • Hand Value | sangat penting untuk kalian ingat bahwa peringkat starting hand anda selalu relatif. Bukan karena grafik mengatakan A-J merupakan kartu yang bagus untuk raise, ini dapat anda aplikasikan bila player sebelum (atau sesudah) anda bermain dengan santai dan tidak agresif. sebagai pegangan kalian harus selalu ingat: “Jika kartu yang saya punya tidak cukup bagus untuk melakukan raise, maka kartu tersebut tidak cukup bagus untuk call.”
  • Table Position | Posisi yang kalian duduki dalam tabble akan sangat mempengaruhi cara bermain anda. Secara umum, jika posisi anda semakin dekat dengan “the button” (posisi paling ideal di dalam meja) semakin lemah juga kartu yang kalian miliki. Sebagai contoh, dalam permainan full ring (9 player) kalian akan fold A-T di posisi pertama, namun jika kalian berada di posisi akhir kalian akan melakukan raise.
  • Stack Size | Mirip seperti table position, jumlah stack kalian akan menentukan apakah kartu yang kalian pegang dapat kita perjuangkan. Saat kalian memiliki stack kecil jumlah pilihan yang bisa kalian pilih dalam post-flop sangat terbatas, kalian harus memiliki kartu yang lebih bagus dalam pre-flop. Jika kalian memiliki chip lebih, kalian memiliki lebih banyak pilihan di dalam tangan dan ini membuktikan kalian dapat lebih leluasa dengan pemilihan tangan kalian.

Menempatkan Kartu Kalian dengan Tepat

Sebelum saya memberikan variabel dalam konteks, mari kita lihat terlebih dahulu kartu yang dapat kalian mainkan melalui posisi tertentu. Jika kalian bermain di meja dengan 9 orang untuk mengisi kekosongan.

Posisi Pertama

  • Raise dengan: A-A, K-K, A-Ks, Q-Q, A-K, J-J, A-Qs, A-Qo, atau A-Js
  • Call dengan: kartu hancur

Posisi Awal (kursi 2-4)

  • Raise dengan kartu yang setara atau lebih: 10-10, A-J, K-Qs
  • Call dengan: K-Qs

Posisi Tengah (kursi 5-7)

  • Raise dengan kartu yang setara atau lebih dari: K-Qo, K-Js, Q-Js
  • Call dengan: A-10s, A-10o, K-Jo, Q-Jo, K-10s, 9-9, 8-8

Posisi Akhir (kursi 8-9)

  • Raise dengan kartu seperti: A-10s, K-10s, K-Jo, Q-Jo, 9-9, 8-8
  • Call dengan: 7-7, 6-6, 5-5, Q-10s, Q-10o, K-10o, J-10s, J-10o, J-9s

Penjabaran diatas setidaknya dapat memberikan kalian gambaran dalam bermain yang tepat. Bagaimanapun, mari kita ber-anggapan kalian berada di posisi pertama dengan modal kecil dan pemain aggresive ada di sebelah anda.

Mengikuti saran2 sebelumnnya, akan sangat normal bagi ada untuk tidak melakukan raise dengan kartu A-js dan A-Qo. Meskipun kartu tersebut adalah kartu yang kuat. Kartu2 tersebut bukanlah kartu yang bagus untuk di ajak tos2-an.

Intinya jika kalian berada di posisi yang buruk kalian selalu membuat gerakan terlebih dahulu yang berarti kalian tidak tahu apa yang akan dilakukan player lain. Karena player lain akan memiliki keuntungan dibanding anda, kalian harus lebih memperhatikan bagaimana kalian akan melakukan raise, yang berarti A-Js tidaklah selalu besar.

Bagaimana Cara Bermain Kartu yang Sempurna

Untuk membuat hal ini se-simpel mungkin, lakukanlah proses di bawah ini sebelum melakukan bet untuk memenangkan pot:

  1. Lihat kartu yang kalian miliki dan cocokan dengan pembahasan di atas.
  2. Perhatikan posisi di meja dan modal kalian.
  3. Tanya kepada diri anda: “apakah saya berada di posisi yang baik”
  4. Jika jawaban-ya “iya” kalian harus lebih cenderung untuk raise dan re-raise.
  5. Jika jawaban-nya “tidak” kalian harus lebih memperhatikan batasan kalian.

Dasar-Dasar Poker : Starting Hands

Dasar-Dasar Poker : Starting Hands

Dalam poker tidak ada cara pasti dan cepat dalam konteks kartu awal. Bagaimanapun, jika kalian mengambil nasihat dan masukan dari saya disini, setidaknya kalian tidak akan terlalu banyak melakukan kesalahan dalam meja dan menikmati permainan kalian di dalam dunia poker online.